Tuesday, December 28, 2010

PENGANTAR PENYAJI: MENARI MENGELILINGI PLANET BUMI [KUMPULAN PUISI KESABERE]

PENGANTAR PENYAJI: MENARI MENGELILINGI PLANET BUMI [KUMPULAN PUISI KESABERE]

Dili, 28 Desember 2010

Pengantar

Sebagaimana dikatakan dalam catatan pengantar sebelumnya bawah buku kumpulan puisi “Menari Mengelilingi Planet
Bumi” telah diterbitkan pada tahun 1995 oleh Stichting Budaya, Amsterdam, Belanda, dengan editor seorang kawan penyair Indonesia, Abdul Kohar Ibrahim (Kreasi, edisi: 23)—ISSN-0923-4934.

Kali ini aku ingin terbitkan juga catatan kawan penyair itu sebagai penyaji dalam buku kumpulan tersebut (lihat lampiran).

Sebagai informasi tambahan bahwa kawan penyair tersebut hadir juga di lembaran facebook. Lebih jauh ia dikenal dengan singkatan namanya, AKI. Banyak tulisan-tulisannya yang memukau tentang sastra Indonesia, yang ditinjau dari seorang pengarang yang terpaksa hidup di negeri asing lantaran keganasan rejim Orde Baru muncul di lembaran facebook.

Selamat membaca!

Salam,
Kesabere (Marubi)
--

DARI PENYAJI

Masa ini, di arena planet bumi, terasa sekali suasana memperingati 50 Tahun atas Kemenangan Fasisme. Sedangkan yang berkaitan khusus dengan kita, di Nusantara, selain mengenang keruntuhan fasisme Jepang, sekaligus juga diproklamirkannya kemerdekaaan bangsa Indonesia. Ironisi sekali, dalam periode sejarah itu, negeri-negeri yang berjuang melawan pendudukan atau penjajahan fasis atau kolonialisme ada yang bertindak seperti apa yang dilawannya. Salah satu contohnya adalah Indonesia dibawah rejim Orde Baru.

Dalam suasana memperingati “50 Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI, 30 Tahun Represi Orde Baru dan 20 Tahun Penjajahan atas Timor-Lorosa’e, kami sajikan sejumlah terbitan, terutama nomor-nomor Kreasi dan Arena.

Nomor Kreasi ini adalah berupa kumpulan sajak penyair eksilan Timor-Lorosa’e Kesabere: Menari Mengelilingi Planet Bumi”. Bagi Kesabere, menulis puisi adalah sebagai sebuah bentuk perjuangan dalam kehidupan. Ketulusan dan kerendahhatiannya memperkuat pendapat kami, bahwa kusajak pertamanya ini merupakan kontribusi penting dalam dunia kesusastraan dan perjuangan manusia yang adil dan beradab.

Mudah-mudahan maksud dan tujuan kami tidak akan sia-sia. Selamat membaca.

Erobar, Mei 1995 A.Kohar Ibrahim

1 comment:

Jupiter Family said...

Feliz Ano Novo!
Ano Novo 2011 Celebrações Fireworks Volta ao Mundo
http://fireworks2011.blogspot.com/
Demo no YouTube
http://youtu.be/yiPvT_nhHt8?hd=1

Happy New Year!!
New Year's 2011 Fireworks Celebrations Around the World
http://fireworks2011.blogspot.com/
Demo on YouTube
http://youtu.be/yiPvT_nhHt8?hd=1