Saturday, August 4, 2007

CATATAN SEORANG PENGEMBARA 38

*) Kunci sukses dalam kehidupan terletak pada bagaimana kita melakukan manajemen yang rapi dalam setipa gerak tingkah-laku kita.

*) Diplomasi itu sebuah seni pergaulan yang kelihatannya seolah-olah seperti "kita menjilati pantat orang lain". Tapi sebetulnya bukan begitu. Diplomasi serasi sekali dengan pemeo yang berbunyi, " mengalah bukan berarti kalah, tapi itu sebuah strategi untuk memenangkan sebuah pertarungan".

*) Seniman adalah manusia pinggiran yang mencoba tampil di tengah-tengah untuk menjembatani antara pihak atas dan yang bawah. Panggilan sejatinya adalah menyuarakan ' suara kawan yang tak bersuara' . Kalau hal itu ia tidak menjalaninya dengan kesungguhan hati, maka aku pikir lebih baik ia keluar dari pentas kesenimanan.

*) Pertarungan antara yang jahat dan yang baik senantiasa terjadi di kala bumi masih berputar. Yang jahat tampil dengan gayanya: " serigala berbulu domba", tapi yang baik selalu saja tampil dengan gayanya: " licik seperti ular dan tulus seperti merpati". Pada akhir pertarungan, yang baik selalu menang sebagaimana kita ketahui bersama. Itu bukanlah hal yang baru dalam kehidupan kita..

No comments: